Kadis Dukcapil Dairi Terima Kunjungan Studi Banding Kadis Dukcapil Padang Sidempuan

Dukcapil Padang Sidimpuan

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan studi banding Kepala Dinas Dukcapil Kota Padang Sidempuan Roni Gunawan Rambe S.STP, M.Si di ruang kerja Kadis Dukcapil Dairi, Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Rabu (18/01).

Begitu tiba, Kadis Dukcapil Dairi langsung memandu dan menjelaskan kepada Kadis Dukcapil Padang Sidempuan seluruh proses layanan yang berlangsung di Dinas Dukcapil Dairi.

“Pelayanan kami saat ini seluruhnya sudah digital, dimana sejak awal, warga/pemohon yang masuk keruang layanan akan disambut petugas untuk mengisi buku tamu. Dalam buku tamu tersebut diminta data-data umum pemohon seperti nama, NIK, alamat dan jenis layanan yang diperlukan. Setelah itu, tercetak nomor antrian dan selanjutnya menunggu dipanggil dari loket penerima berkas,” tutur Kadis Dukcapil Dairi dihadapan Kadis Dukcapil Padang Pariaman sambil berkeliling mulai dari depan (front office) sampai ke bagian belakang (back office).

Lebih lanjut, Kadis menjelaskan bahwa diloket tersebut, berkas-berkas pemohon tersebut akan di periksa petugas, kelengkapan sesuai persyaratan dan apabila dinyatakan lengkap akan diproses oleh petugas back office. Sebagai bukti berkas diterima, petugas loket akan menerbitkan tiket yang dipergunakan juga untuk mencek progres dokumen yang diproses.

“Cikal bakal pengembangan layanan dukcapil digital ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, dimana selama ini masih manual, sehingga aplikasi perkebbas dibangun dan dikembangkan. Saat ini, Perkebbas bukan saja dipergunakan secara personal/individu dan instansi terkait, tetapi diterapkan juga dalam layanan di Kantor Dinas Dukcapil untuk pelayanan lebih cepat dan terukur. Selain itu, warga diwajibkan mengisi penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat secara online agar mengetahui kualitas layanan yang diberikan,”ujar Deddy Situmorang dengan penuh semangat yang didampingi Sekdis Dukcapil Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, ADB Agus Rajagukguk, S.Kom, Wina br Manullang dan Martini Sitohang diruang kerjanya.

Layanan adminduk secara online atau perkebbas ini telah dipergunakan di 15 Kecamatan, 161 Desa, 8 Kelurahan, RSUD Sidikalang, 18 Puskesmas, 15 Kantor Urusan Agama (KUA), gereja dan sekolah. Melalui layanan ini, kebutuhan masyarakat akan dokumen adminduk dapat terpunuhi. Pelayanan dapat lebih dekat ditengah-tengah masyarakat.

Kata Deddy, atas komitmen dan konsisten Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, pada bulan Desember 2022 yang lalu, aplikasi perkebbas meraih prestasi Juara III lomba inovasi daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara. Atas prestasi ini, kami lebih bersemangat lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk wujudkan Dairi Unggul.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Padang Sidempuan Roni Gunawan Rambe S.STP, M.Si mengaku takjub atas pelayanan yang terselenggara di Dinas Dukcapil Dairi yang sudah digital. Melalui pelayanan digital tersebut hasil layanannya setiap hari dapat terukur dan sistematis.

“Luar biasa dan keren pelayanannya, sangat rapi, terstruktur dan bagus. Seluruh layanan sangat lengkap, mulai dari petugas penerima tamu, loket dan petugas pengelola dokumen. Pelayanan online juga sangat mumpuni dalam membantu warga dan sudah dipergunakan banyak instansi,” ungkap Roni Gunawan Rambe yang didampingi Analis Kebijakan Muda Herman SH dan Perencana Ahli Muda Pangihutan Daulay.

Dia juga mengatakan melalui kunjungannya ke Dinas Dukcapil Dairi dapat menambah wawasan dan pengalamannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan lebih maksimal lagi di Dinas Dukcapil Kota Padang Sidempuan.

Sebelum meninggalkan kantor tersebut, Kadis Dukcapil Kota Padang Sidempuan Roni Gunawan Rambe S.STP, M.Si bersama rombongan dan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dengan Sekdis Dukcapil Rayambong S Sitohang, ST, MAP berfoto bersama diruang layanan dan didepan kantor Dinas Dukcapil Dairi